Kasus phobia paling unik di dunia



Phobia paling unik di dunia
Fobia adalah rasa berlebih yang dirasakan seseorang terhadap suatu hal atau suatu fenomena. Biasanya, fobia ada karena dipicu rasa trauma atau hal-hal lainnya. Yang pasti, tak ada satu orang pun di dunia yang bebas dari fobia karena di dunia ini tercatat ada lebih dari 500 jenis fobia. Beberapa fobia yang paling aneh ini bahkan mungkin saja kamu idap.
Phobia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Pada umumnya phobia disebabkan karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar. Peristiwa traumatis di masa kecil dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia.
1.       Ombrophobia


Kalau buat orang normal hujan itu sesuatu yang menyenangkan, buat para penderita Ombrophobia, hujan adalah sesuatu yang mengerikan. Mereka bahkan bisa menjerit ketakutan saat terkena tetesan hujan, atau cuma bisa meringkuk di rumah saat hujan turun.



2.       Pogonophobia




Ini adalah phobia yang diderita perempuan, yaitu ketakutan berlebihan saat melihat pria berjenggot. Belakangan, hasil penelitian terbaru menyebut kalau jumlah pengidap phobia ini meningkat.


3.       Ergophobia


Ergophobia adalah ketakutan terhadap pekerjaan. Bukan yang benci pekerjaan, tapi ketika kamu merasa takut saat harus bekerja sama dalam kelompok, memimpin kelompok atau berbicara di depan umum. Kesimpulannya, kamu takut terhadap pekerjaan.



4.       Trypophobia


Kamu pernah merinding saat melihat lubang-lubang seperti pada sarang tawon, bunga lotus atau kue donat? Kalau iya, bisa jadi kamu mengidap trypophobia atau tasa takut terhadap sesuatu yang berlubang.


5.       Glophobia


Ini adalah fobia terhadap balon. Kamu bakal ketakutan saat ada di pesta yang didekorasi dengan balon-balon. Kalau ada temanmu yang menggosokkan balon ke rambut, kamu bisa ketakutan banget.


6.       Xanthophobia


Ini adalah ketakutan yang aneh berikutnya. Pengidap Xanthophobia memiliki rasa takut berlebihan dengan warna kuning, bahkan bisa berteriak-teriak cuma karena mendengar warna kuning. Kebanyakan, penderita Xanthophobia memiliki trauma dengan warna kuning pada masa kecil mereka, sehingga warna kuning jadi trauma mengerikan bagi mereka.



7.       Pediophobia


Kalo takut sama boneka annabelle (the conjuring) dan chuky, yap itu wajarlah, tetapi sama boneka biasa bahkan robot-robotan juga takut. Ini perlu treatment. Awalnya ketakutan ini memang hanya takut pada boneka-boneka mengerikan seperti annabelle, tetapi lama-lama ketakutan itu meningkat menjadi takut pada boneka-boneka yang bergerak dan berbunyi, lalu paling parah takut kepada boneka yang mirip seperti manusia. Ketakutan ini juga di identifikasi merupakan penolakan sesuatu yang menyerupai manusia.



8.       Eisoptrophobia


Bisa dipastikan orang yang mengidap ini penampilannya acak adul. Fobia ini terkadang banyak diidap diantara kita terutama yang suka banget nonton horror, bentuk kecil dari ketakutan ini ialah saat anda sendiri malam-malam melihat cermin dan merasa ada sesuatu yang terpantul dibelakang anda :sereems tenang gan, gak perlu, pencegahan yang mudah ialah jangan pernah nonton horror.



9.       Hylophobia


Kebanyakan penderita fobia ini pernah mengalami penyerangan saat berada di hutan, sehingga mereka memiliki rasa takut yang tidak wajar terhadap pohon dan benda-benda yang terbuat dari kayu.

      Saran dari penulis, secara umum, phobia adalah rasa ketakutan kuat (berlebihan) terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk ngejauhin sesuatu yang ditakuti itu. Kalau  sudah parah, penderitanya bisa terserang panik saat ngeliat hal yang dia takutin. Sesak nafas, deg-degan, keringat dingin, gemetaran, bahkan sampai tidak bisa menggerakkan badannya. Dan fobia sering terjadi pada anak-anak.
Hendaknya sebagai orang tua, guru, dan orang dewasa lainya kita bisa menandai fobia ini agar dapat diatasi secara cepat. Terutama bagi anak-anak orang para orang tua harus selalu tahu dengan gerak-gerik anak agar dapat memantau perkemabangan anaknya terhambat atau tidak. Mungkin phobia dianggap gangguan yang biasanya, akan tetapi banyak cara yang ditawarkan untuk menyembuhkan phobia tersebut, diantaranya:
·         Hypnotheraphy: Penderita phobia diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia.
·         Flooding: Exposure Treatment yang ekstrim..
·         Dilakukan exposure bersifat ringan.
·    Desensitisasi: membiasakan subyek untuk melihat gambar atau film yang berkaitan dengan hal yang ditakutinya, dilanjutkan dengan melihat obyek yang sesungguhnya dari kejauhan dan sedikit demi sedikit didekatkan, dan jika berhasil bisa dilanjutkan dengan memegangnya.
·        Reframing: Penderita phobia disuruh membayangkan kembali menuju masa lampau dimana permulaannya penderita mengalami phobia, ditempat itu dibentuk suatu manusia baru yang tidak takut lagi pada phobianya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com