PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA

PENGANTAR TEKNOLOGI INTERNET DAN NEW MEDIA
PENGERTIAN TEKNOLOGI INTERNET
Teknologi memiliki pengertian sebagai cara untuk membantu manusia dalam menjalani kelangsungan-hidupnya untuk mencapai suatu tujuan yang lebih praktis dan mudah (modern) dibandingkan dengan cara primitif yang digunakan sebelumnya.
Internet merupakan singkatan dari iterconnected networking yang berarti hungan antara beberapa jaringan, yang dapat diartikan sebagai sistem global (dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP). Para pengguna internet dapat saling berbagi informasi satu sama lain, mulai dari teks, gambar, video, audio dan lainnya dengan mudah dan cepat. Waktu dan jarak tidak mempengaruhi dalam berbagi data/informasi.
Jadi, teknologi internet adalah suatu sistem global (dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk membantu manusia di seluruh dunia dalam berbagi informasi dengan mudah dan cepat.
PENGERTIAN NEW MEDIA
New Media berasal dari 2 kata yaitu new yang berarti baru dan media yang berarti perantara. Jadi New Media merupakan sarana perantara baru yang dapat menyalurkan informasi dari sumber kepada penerima informasi. Istilah new media baru muncul di abad ke 20. Yang membedakan new media dengan traditional media adalah digitalisasi suatu konten ke dalam bit.
Menurut para ahli :
·         Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18)
Merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.



·         Ron Rice
Mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
·         McQuail,
Media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
SEJARAH TENTANG INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

KONSEP NEW MEDIA
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering kali memiliki karakteristik yang dimanipulasi, menggunakan jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. New Media menggunakan on-demand akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, disertai dengan umpan balik dari penggunanya yang interaktif, kreatif dalam pembentukan komunitas di sekitar konten media.  Beberapa contoh mungkin internet, situs website, multimedia komputer , game komputer, CD -ROM, DVD, dan lain-lain. Media baru tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas kecuali hal mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital.
INTERNET DAN PENGGUNA INTERNET
Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.Internet memungkinkan setiap penggunanya untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi dan bertukar informasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.
Para pengguna internet saat ini tidak lagi hanya di kalangan atas tetapi semua masyarakat dapat mengakses internet kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Para pengguna internet pun memanfaatkannya untuk berbagi informasi berita, kabar, dan bertukar data seperti teks, video, audio dan lain-lain.
PENERAPAN NEW MEDIA
Penerapan new media dalam internet pada zaman sekarang ini sudah sangat pesat. sudah banyak media media yang bisa digunakan untuk membantu user dalam pencarian informasi, dunia hiburan, edukasi dan sebagainya. Jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk, myspace, dan youtube juga sudah menerapkan new media.



MANFAAT NEW MEDIA
1.      Memberikan Informasi dengan cepat tidak seperti media cetak,
2.      Lebih mudah diakses oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja serta harus terhubung jaringan koneksi internet,
3.      Sangat berguna sekali bagi masyarakat dalam menjalankan suatu usaha di media baru.
4.      Promosi usaha lebih murah dan lebih cepat di ketahui oleh orang,
5.      Sebagai media komunikasi yang efisien kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
MANFAAT NEW MEDIA DI BERBAGAI BIDANG
·         Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan semua user dibelahan dunia manapun.
·         Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.
·         Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
·         Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.
DAMPAK NEW MEDIA
·         Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
·         Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
·         Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
KOMPONEN NEW MEDIA
Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan  agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Produsen
Merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
·         Distributor
Adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
·         Konsumen
Adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
Komponen new media lain :
Internet & Web
Portable Media Player.
Personal Komputer (PC) / Notebook.
Mobile Phone.
DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
Video Game/ Game Computer.
VCDs (Compact Discs)
Virtual Reality




PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan suatu sarana bagi manusia untuk meningkatkan interaksi sosial antar sesama di seluruh dunia melalui suatu perantara yaitu internet yang saat ini dapat diakses melalui gadget seperti handphone, tablet, komputer, dan lain-lain. Melalui internet itu pula manusia bisa saling berbagi informasi satu sama lain secara mudah dan cepat, seperti jejaring sosial facebook, twitter, youtube, google, dan lain-lain. Namun New Media juga memiliki sisi negatifnya, yaitu dapat mengakses situs yang mengandung kekerasan, pornografi dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya dalam menggunakan internet. Jadi ada baiknya apabila setiap penggunanya lebih bijak dalam memanfaatkannya.
Pandangan terhadap new media dapat berpengaruh positif dan negatif. Berpengaruh positifnya info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di akses di mana pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negative new media terhadat manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang negative terhadap masyarakat.
APLIKASI NEW MEDIA
Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu :
·         Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
·         CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
·         Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
·         Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
·         BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book). Dan sebagainya
DIGITAL TELEVISION
·         Digital
DTV (bahasa Inggris: Digital Television, DTV)atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio dan data ke pesawat televisi. TV Digital bukan berarti pesawat televisinya yang digital, namun lebih kepada sinyal yang dikirimkan adalah sinyal digital atau mungkin yang lebih tepat adalah siaran digital (Digital Broadcasting). Televisi resolusi tinggi atau high-definition television (HDTV), yaitu: standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV digital memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dengan warna-warna matang, dan depth-of-field yang lebih luas daripada biasanya.
Contoh : Indovision, Aora, Telkomvision, YES tv, TOP tv, dsb.
·         Analog
Televisi analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan/atau frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem sebelum Televisi digital dapat dimasukan ke analog.Sistem yang dipergunakan dalam televisi analog NTSC (national Television System Committee), PAL, dan SECAM.
Kelebihan signal digital dibanding analog adalah ketahanannya terhadap gangguan (noise) dan kemudahannya untuk diperbaiki (recovery) di penerima dengan kode koreksi error (error correction code ).
Contoh : TV/Televisi, Kamera, Kaset.



DAFTAR PUSTAKA
·         https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/
·         https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-manfaat-new-media/
·         https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/10/08/pengertian-dan-konsep-new-media/


SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com