Revisi Tugas Pengantar Komputasi Modern


Penerapan Cloud Computing Pada Bidang Kesehatan

PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin berkembang. Demikian juga teknologi di bidang kedokteran, salah satunya adalah telemedicine.
Telemedicine  dapat  diartikan  sebagai  proses  pengobatan  (meliputi  diagnosis dan terapi) dari jarak jauh. Proses tersebut menggunakan jaringan telekomunikasi sehingga dapat menghubungkan tempat yang satu dengan yang lain. Telemedicine dapat digunakan untuk mengirimkan gambar, grafik dan data-data medis dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu memungkinkan konsultasi secara langsung seperti  berada ditempat  yang sama (van Bemmel,  Musen,  1997; Coiera,  1997; Olver, 2001).
Telemedicine berguna bagi dokter-dokter yang sering bertugas di luar tempat praktek, tetapi sangat dibutuhkan  konsultasinya  mengenai  kasus-kasus  penyakit tertentu  ketika  ia sedang  bertugas  di luar  tempat  prakteknya.  Selain  itu  untuk daerah-daerah terpencil yang kurang atau tidak ada sarana pelayanan kesehatan, karena  daerah  tersebut  sulit  dijangkau.  Telemedicine  dapat  digunakan  sebagai sarana konsultasi medis antara dokter dengan dokter, dokter dengan perawat, atau dokter dengan pasien melalui teknologi telekomunikasi.  Hal tersebut berpotensi besar   untuk   meningkatkan   derajat   kesehatan   masyarakat   di   daerah   yang tidak/kurang dapat dijangkau oleh sarana pelayanan kesehatan (Coiera, 1997; Manning, 1997; Okoromah, Afolabi, 2005).
Telemedicine  di bidang kedokteran dapat menunjang penyampaian  informasi secara cepat. Teknologi  ini dapat membantu  dokter dalam proses pemeriksaan, diagnosis,  dan  proses  penyembuhan  penyakit,  sehingga  dapat  meningkatkan jumlah pasien yang tertolong.
Mengetahui   betapa  besar  peranan   telemedicine   dalam  bidang  kesehatan, penulis ingin memperkenalkan  dan menginformasikan  teknologi baru ini kepada kalangan yang berkecimpung dalam bidang kesehatan, khususnya para dokter dan mahasiswa  fakultas  kedokteran,  terutama  di  Fakultas  Kedokteran  Universitas Kristen Maranatha.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com