Manusia & Keindahan



1.    Pengertian keindahan
a.    Seni rupa
Merupakan pengutaraan isi jiwa atau perasaan sang penciptanya dapat berbentuk rasa indah, rasa lucu (kosmis), rasa sedih (tragis) rasa gaib (magic) dan sebagainya. Hasil karya seni mencerminkan isi jiwa sang penciptanya dan mengungkapkan keindahan dalam arti artistik (seni).

b.    Seni suara
Merupakan pengutaraan isi jiwa atau perasaan sang penciptanya dapat berbentuk rasa indah, rasa lucu (kosmis), rasa sedih (tragis) rasa gaib (magic) dan sebagainya. Hasil karya seni mencerminkan isi jiwa sang penciptanya dan mengungkapkan keindahan dalam arti artistik (seni).

c.    Seni pertunjukkan
Karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu.biasanya melibatkan empat unsur: waktu, ruang, tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

2.    Perkembangan kesenian
a.    Perkembangan kesenian berdasarkan waktu

Seni primitive
berkembang pada zaman prasejarah, yang mana tingkat kehidupan manusia pada masanya sangat sederhana sekali dan sekaligus merupakan ciri utama, sehingga manusianya disebut orang primitif.

Seni Klasik
Kesenian klasik merupakan puncak perkembangan kesenian tertentu, yang mana tidak dapat berkembang lagi (mandeg).

Seni Tradisional
Tradisi artinya turun temurun atau kebiasaan. Seni tradisional berarti suatu kesnian yang dihasilkan secara turun-temurun atau kebiasaan berdasarkan norma-norma, patron-patron atau pakem tertentu yang sudah biasa berlaku.

Seni modern
merupakan kesenian yang menghasilkan karya-karya baru. Seniman yang kreatif akan menghasilkan karya seni yang modern, karena di dalamnya ada unsur pembaharuan, baik dari segi penggunaan media, teknik berkarya maupun unsur gagasan/ide.

Seni Kontemporer
Kontemporer berarti sekarang atau masa kini. Seni kontemporer memiliki masa popularitas tertentu sehingga seni ini dapat dikatakan bersifat temporer.

b.    Perkembangan kesenian berdasarkan tempat / lokasi
Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda.Kemunculan gamelan didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesia pada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni asli indonesia. Instrumennya dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman Kerajaan Majapahit. Dalam perbedaannya dengan musik India, satu-satunya dampak ke-India-an dalam musik gamelan adalah bagaimana cara menyanikannya. Dalam mitologi Jawa, gamelan dicipatakan oleh Sang Hyang Guru pada Era Saka, dewa yang menguasai seluruh tanah Jawa, dengan istana di gunung Mahendra di Medangkamulan (sekarang Gunung Lawu).

3.    Aliran – aliran kesenian
a.    Seni lukis

-          Aliran seni lukis surrealisme
-          Aliran seni lukis kubisme
-          Aliran seni lukis romantisme
-          Aliran seni lukis plural painting
-          Aliran seni lukis ekspresionisme
-          Aliran seni lukis dadaisme
-          Aliran seni lukis fauvisme
-          Aliran seni lukis realisme
-          Aliran seni lukis naturalisme


b.    Seni sastra

-          Realisme
-          Surrealisme
-          Absurdisme
-          Psikologisme
-          Romantic
-          Eksistensialisme
-          Filsafatisme
-          Ekspresionisme dan impresionisme
-          Melankolisme
-          Ironisme
-          Nihilisme
-          Naturalisme
-          Determinisme
-          Simbolisme
-          Idealisme
-          Heroisme
-          Religiusisme
-          Transendentalisme
-          Komedialisme
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com